Posted by gio akram Minggu, 13 Januari 2013 1 komentar
BAB I PENGERTIAN MANAJEMEN     
   
A. MENGAPA MANAJEMEN DIBUTUHKAN
Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa manajemen, semua usaha akan sia-sia dan pencapaiantujuan akan lebih sulit. Ada tiga alasan utama di perlukannya manajemen :
1   Untuk mencapai tujuan.
2   Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan.
3   Untuk mencapai efisiensi dan efektifitas.
Efisiensi adalah kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar. Seorang manajer efisien adalah seseorang yang mencapai keluaran yang lebih tinggi (hasil, produktifitas, performance) di banding masukan-masukan (tenaga kerja, bahan, uang, mesin, dan waktu) yang digunakan.
Efektivitas merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau peralatan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan. Dengan kata lain, seorang manajer efektif dapat memilih pekerjaan yang harus dilakukan atau metoda (cara) yang tepat untuk mencapai tujuan.
            Menurut ahli manajemen Peter Drucker efektifitas adalah melakukan pekerjaan yang benar, sedang efisiensi adalah melakukan pekerjaan yang benar.
B.  DEFINISI MANAJEMEN
1.  Mary Parker Follett mendefinisikan manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui         orang lain.
2.  Menurut Stoner manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya-sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah di tetapkan.
Dari definisi diatas terlihat bahwa Stoner telah menggunakan kata proses , bukan seni. Mengartikan manajemen sebagai seni mengandung arti bahwa hal itu adalah kemampuan atau ketrampilan pribadi, suatu proses adalah cara sistematis untuk melakukan pekerjaan .
      Pada dasarnya manajemen dapat di definisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Penyusunan Personalia atau Kepegawaian (Staffing), Pengarahan dan Kepemimpinan (Leading), dan Pengawasan (Controlling).
Manajemen sebagai Ilmu dan Seni
      Luther Gulick mendefinisikan manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerja sama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.
      Manajemen merupakan ilmu pengetahuan juga dala artian bahwa manajemen memerlukan disiplin ilmu-ilmu pengetahuan lain dalam penerapannya; missal, ilmu ekonomi, statistic, akuntansi, dan sebagainya. Manajemen bukan hanya merupakan ilmu atau seni, tetapi kombinasi dari keduanya. Kombinasi ini tidak dalam proporsi yang tetap tetapi dalam proporsi yang bermacam-macam. Pada umumnya para manajer efektif menggunakan pendekatan ilmiah dalam pembuatan keputusan, apalagi dengan berkembangnya peralatan komputer. Di lain pihak dalam banyak aspek perencanaan, kepemimpinan, komunikasi, dan segala sesuatu yang menyangkut unsure manusia, bagaimanapun manajer harus juga menggunakan pendekatan artistic (seni).
Manajemen sebagai Profesi
      Edgar H. Schein telah menguraikan karakteristik-karakteristik atau kriteria-kriteria untuk menentukan sesuatu sebagai profesi yang dapat di perinci berikut :
1.   Para professional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum.
2.   Para professional mendapat status mereka karena mencapai standar prestasi kerja tertentu, bukan karena favoritism atau karena suku bangsa atau agamanya dan criteria politik atau sosial lainnya.
3.   Para professional harus di tentukan oleh suatu kode etik yang kuat, dengan disiplin untuk mereka yang menjadi kliennya.
Pengertian-pengertian yang berbeda dengan istilah manajemen
      Pengertian manajemen perlu di bedakan dengan pengertian istilah-istilah lain seperti kewiraswastaan (entrepreneurship) dan supervise. Tidak hanya istilahnya yang berbeda, tetapi juga gagasannya :
1.      Manajemen berbeda dengan
2.      Manajemen berbeda dengan supervisi.
      Ada paling sedikit empat aplikasi yang berbeda dari istilah manajemen. Istilah manajemen dapat digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan :
1.      Pengelompokan pekerjaan.
2.      Seorang individu.
3.      Suatu disiplin akademik.
4.      Suatu proses.
silahkan unduh disini









TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Rangkuman Pengantar Manajemen
Ditulis oleh gio akram
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gioakram13.blogspot.com/2013/01/rangkuman-pengantar-manajemen.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

The Ipeenk Creations mengatakan...

Thanks for this awesome webpage that you have. I like to read your post

The Ipeenk Creations
SEO In Blogger
Daftar Harga Kendaraan Terbaru
Template Creations Blogger Template
Video Editing Software
Photo Editing Software
Panduan Microsoft Office

Posting Komentar