Posted by gio akram Sabtu, 18 Mei 2013 0 komentar
Akuntansi adalah bahasa bisnis (accounting is the business language), bahasa yang diterjemahkan kedalam suatu sistem informasi yang memberikan informasi penting mengenai aktivitas keuangan suatu organisasi (termasuk perusahaan, lembaga pemerintahan, bahkan toko kecil-pun membutuhkan akuntansi. Sehingga akuntansi ada dimana-mana dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari baik bagi individu maupun bagi organisasi. Pengembangan akuntansi berlandaskan pada 3(tiga) pilar utama, yaitu Pilar matematika (Menjaga keseimbangan antara total pengguna dana dan total pemerolehan dana), Pilar prinsip-prinsip dasar (menjadikan pengembangan akuntansi lebih terarah), serta Pilar rancang-bangun (menjadikan akuntansi dapat menyajikan informasi keuangan sesuai kebutuhan para pengguna).
DEFINISI AKUNTANSI
Menurut American Accounting Association, Akuntansi adalah proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut. Sedangkan menurut Warsono, Darmawan, dan Ridha, akuntansi adalah proses sistematis untuk mengolah transaksi menjadi informasi keuangan yang bermanfaat bagi para penggunanya.

Akuntansi terdiri dari tiga pilar utama, yaitu :
  1. Input (masukan) ; Berupa transaksi, yaitu peristiwa bisnis yang bersifat keuangan.
  2. Proses (prosedur) ; Meliputi berbagai fungsi mulai dari pengidentifikasian transaksi sampai dengan penyajian informasi keuangan. Proses utama akuntansi adalah pencatatan yang terdiri dari 2 (dua) fungsi yaitu penjurnalan, dan pemindah-bukuan.
  3. Output (Keluaran) ; Berupa informasi keuangan, salah satu output akuntansi yang banyak dikenal adalah laporan keuangan yang terdiri dari laporan keuangan, perubahan modal, arus kas, dan neraca.

PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI
Pemakai informasi akuntansi terdiri dari 2 (dua) kelompok, yaitu :
Ü  Pihak Internal
Pihak yang berhubungan langsung dengan operasi perusahaan sehari-hari, yaitu pemimpin perusahan. Pemimpin perusahaan sangat berkepentingan terhadap informasi akuntansi karena dialah yang paling bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan. Berbagai kebijakan yang dibuat oleh pemimpin perusahaan perlu dikomunikasikan baik kedalam maupun keluar perusahaan.
Ü  Pihak Eksternal
Adalah pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan tetapi tidak terlibat secara langsung dalam membuat berbagai keputusan dan kebijakan operasional perusahaan. Pihak eksternal terdiri dari pihak-pihak sebagai berikut :
  • 1)     Pemilik
Adalah pihak yang berkepentingan atas maju-mundurnya perusahaan karena merekalah yang menanggung risiko atas modal yang di setornya kedalam perusahaan. Perusahaan mengalami kerugian, maka pemilik menghadapi risiko kehilangan uang. Sebaliknya, jika perusahan memperoleh laba atau keuntungan, maka pemilik akan bertambah kekayannya. Umumnya, pemilik atau pemegang saham mempercayakan pengelolaan perusahaan kepada manajer-manajer yang profesional serikat pekerja berkepentingan atas maju-mundurnya perusahan.
  • 2)     Kreditor Karyawan
Karyawan diperusahaan membutuhkan pinjaman (kredit) untuk membiayai operasinya. Pinjaman tersebut dapat diperoleh dari kreditor.
  • 3)     Badan-badan pemerintah
Pemerintah berkepentingan terhadap perusahaan. misalnya, dalam hal perpajakan dan ketenagakerjaan.
  • 4)     Pelanggan
Pelanggan sudah pasti berkepentingan atas maju - mundurnya perusahaan.
  • 5)     Masyarakat
Terutama yang berada disekitar perusahaan, berkepentingan terhadap perusahaan. Dalam hal penyediaan lapangan kerja dan manfaat sosial lainnya.

BIDANG AKUNTANSI
  • 1)     Akuntansi Keuangan
Adalah bagian dari akuntansi yang mengkhususkan dalam proses pencatatan. Transaksi hingga penyajiannya dalam bentuk laporan keuangan.
  • 2)     Auditing
Mengkhususkan pada pemeriksaan catatan-catatan akuntansi secara independent.
  • 3)     Akuntansi Biaya
Berhubungan dengan perencanan, penetapan, dan pengendalian biaya produksi. Karena objeknya adalah biaya produksi, maka akuntansi biaya lazim digunakan oleh perusahaan yang kegiatannya utamanya memproduksi bahan mentah menjadi barang jadi (manufaktur).
  • 4)     Akuntansi Manajemen
Adalah bidang akuntansi yang mengkhususkan pada pengembangan dan penafsiran informasi akuntansi untuk membantu manajemen dalam menjalankan perusahaan.
  • 5)     Akuntansi Anggaran
Berhubungan dengan penyusunan rencana pengeluaran perusahaan dan membandingkannya dengan pengeluaran aktual. Akuntansi anggaran merupakan bagian dari akuntansi manajemen.
 
  • 6)     Akuntansi Perpajakan
Mengkhususkan kegiatannya dalam penyiapan data yang diperlukan untuk perhitungan pajak.
  • 7)     Sistem Akuntansi
Mengkhususkan diri dalam perencanaan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan serta pelaporan data keuangan.
  • 8)     Akuntansi Pemerintahan
Mengkhususkan dalam penyajian laporan transaksi yang dilakukuan oleh pemerintahan, Akuntansi ini melaporkan dan menjelaskan, melalui data akuntansi, dari pengelolaan administrasi keuangan Negara dan melakukan pengendalian atas pengeluaran Negara.
  • 9)     Akuntansi Pendidikan
Berhubungan dengan kegiatan pengajaran dan pengembangan pendidikan akuntansi.

 DAFTAR PUSTAKA
  • Warsono, Sony. Arif Darmawan, dan M.Arsyadi Ridha. 2009. Akuntansi itu logis dan mudah.Asgard Chapter Yogyakarta.
  • Alam S.2006. Ekonomi Akuntansi, esis Jakarta.
  • Raharjo, Sri. 1994. Akuntansi Dasar. Kanisius Yogyakarta.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: GAMBARAN UMUM AKUNTANSI
Ditulis oleh gio akram
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gioakram13.blogspot.com/2013/05/gambaran-umum-akuntansi.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar