Jumat, 05 April 2013
3
komentar
A.
Memahami
Perubahan
Perubahan
dunia yang begitu cepat telah memaksa produsen dan para penjual berpikir keras
agar tetap eksis di dunianya. Perubahan ini disebabkan oleh pesatnya
pertumbuhan dan perkembangan teknologi, baik teknologi mesin maupun alas-alas
berat, terlebih lagi teknologi telekomunikasi. Perkembangan teknologi mesin
dari manual sampai mesin yang serba otomatis telah mampu mengubah mutu atau
kualitas produk, mulai dari kemasan sampai pada isinya yang semakin menarik dan
kompetitif.
Cepatnya
informasi yang masuk akibat majunya teknologi informasi, seperti televisi,
radio, koran, atau majalah telah menjadikan masyarakat semakin cerdas dan sulit
untuk dibohongi. Dampak lain bagi produsen adalah ketatnya persaingan
antarprodusen untuk memanfaatkan kemajuan teknologi ini. produsen berusaha
dengan sekuat tenaga untuk merebut konsumen pesaingnya. Siapa cepat siapa dapat
atau konsumen harus dikejar dan direbut bukan ditunggu. Oleh karena itu,
kemajuan teknologi ini dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk merebut hati
konsumen agar membeli dan mengonsumsi produknya hanya melalui pemahaman
perubahan secara utuh dengan menjalankan strategi yang tepat.
Oleh
karena itu, dalam era teknologi yang berkembang demikian cepat ini saatnya
perusahaan menjemput bola dengan mengejar calon pelanggan bukan menunggu
pelanggan seperti zaman dahulu.
perusahaan (pengusaha) harus
pandai membaca keinginan dan kebutuhan konsumennya melalui berbagai cara,
misalnya dengan melakukan riset pemasaran. Tanpa riset pemasaran yang andal pengusaha
tidak dapat mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggannya secara tepat.
Balikan, bukan tidak mungkin pengusaha akan ketinggalan informasi dibandingkan
dengan persaingan.
Pengusaha
yang berhasil adalah mereka yang pandai menyesuaikan diri dengan perubahan.
Penyesuaian dengan perubahan kondisi konsumen dan persaingan akan memudahkan
pengusaha untuk menyusun strategi memenangkan persaingan dalam memperebutkan
konsumen. Oleh karena itu, seorang pengusaha yang ingin sukses harus mampu
mengelola perubahan yang terjadi sekarang dan di masa yang akan datang.
B.
Pengertian
Pesaing
Pesaing
adalah perusahaan yang menghasilkan atau menjual barang atau jasa yang sama
atau mirip dengan produk yang kita tawarkan. Pesaing suatu perusahaan dapat
dikategorikan pesaing yang kuat dan pesaing yang lemah atau ada pesaing yang
dekat yang memiliki produk yang sama atau memiliki produk yang mirip.
Hal-hal
yang perlu diketahui dari pesaing dan terus-menerus kita pantau adalah produk
pesaing, baik mutu kemasan, label, atau lainnya. Kita bandingkan kelebihan
produk yang dimiliki pesaing berikut kelemahan yang dimilikinya dengan produk
kita. Di samping itu, pengusaha juga harus mampu menangkap peluang yang ada di pasar
sebelum ditangkap pesaing. Seorang pengusaha diharapkan mampu menciptakan
peluang-peluang baru. Namun, pengusaha juga harus waspada terhadap setiap
ancaman yang ada sekarang dan di masa yang akan datang. Ancaman yang dilakukan
pesaing dapat secara langsung menyerang kita atau secara pelan-pelan
(bergerilya).
Hal-hal yang perlu diketahui
dari pesaing adalah tentang:
1. kelengkapan, mutu, desain dan bentuk produk;
2.
harga yang ditawarkan;
3.
saluran distribusi atau lokasi cabang yang
dimiliki;
4.
promosi yang dijalankan;
5.
rencana kegiatan pesaing ke depan.
Untuk memantau kegiatan
pemasaran pesaing terdapat istilah analisis pesaing. Kegiatan ini meliputi:
ü mengidentifikasikan
pesaing;
ü menentukan
sasaran pesaing;
ü identifikasi
strategi pesaing;
ü analisis
kekuatan dan kelemahan pesaing;
ü menentukan
sasaran pesaing;
ü identifikasi
reaksi pesaing; dan
ü strategi
menghadapi pesaing.
Dari kegiatan ini akan dapat
diketahui:
ü siapa
pesaing kita;
ü apa
sasaran yang ingin mereka capai;
ü bagaimana
strategi yang mereka lakukan;
ü apa dan
di mana kekuatan dan kelemahan pesaing;
ü bagaimana
pola reaksi mereka;
ü siapa-siapa
saja yang perlu diserang lebih dahulu;
ü bagaimana
cara menyerangnya;
ü pesaing
mana yang harus dihindari lebih dulu.
Dengan
kata lain, analisis pesaing berfungsi untuk membuat peta persaingan yang ada
sekarang dan di masa yang akan datang. Untuk lebih jelasnya, gambaran mengenai
proses analisis pesaing dapat dilihat dalam skema berikut ini.
Skema
Proses Analisis Pesaing
A.
Identifikasi
Pesaing
Untuk
mengetahui jumlah dan jenis pesaing Berta kekuatan dan kelemahan yang mereka
miliki, perusahaan perlu membuat peta persaingan yang lengkap. Pembuatan peta
persaingan yang digunakan untuk melakukan analisis pesaing memerlukan
langkah-langkah yang tepat. Langkah-langkah ini perlu dilakukan agar analisis
pesaing tepat sasaran dan tidak salah arah. Langkah yang pertama yang perlu
dilakukan perusahaan adalah dengan Identifikasi seluruh pesaing yang ada.
Langkah ini perlu dilakukan agar kita mengetahui secara utuh kondisi pesaing
kita. Dengan demikian, memudahkan kita untuk menetapkan langkah selanjutnya.
Identifikasi pesaing meliputi
hal-hal berikut.
1. Jenis produk yang ditawarkan
2.
Melihat besarnya pasar yang dikuasai (market
share) pesaing
3.
Identifikasi peluang dan ancaman
4.
Identifikasi keunggulan clan kelemahan
B.
Menentukan
Sasaran Pesaing
Setelah
kita mengetahui pesaing dan market share yang telah dikuasai, kita perlu
mengetahui sasaran dari pesaing dan siapa yang menjadi target mereka
selanjutnya. Sasaran pesaing antara lain memaksimalkan laba, memperbesar market
share, meningkatkan mutu produk, atau mungkin juga mematikan atau menghambat
pesaing lainnya.
Jika
sasarannya untuk memperbesar pasar, kita perlu mengetahui apakah pertumbuhan
market share yang dimiliki cukup besar. Biasanya meningkatkan market share
dapat dilakukan dengan promosi yang cukup gencar dengan diimbangi pembukaan
cabang baru yang gencar pula. Peningkatan market share juga dapat dilakukan
dengan cara penurunan harga, mengingat mereka memiliki biaya operasional yang
relatif lebih rendah. Hal yang juga perlu diselidiki adalah bahwa peningkatan market share dapat pula dilakukan dengan
cara mengambil market share pesaing lainnya.
C.
Identifikasi
Strategi Pesaing
Tujuan
perusahaan dalam menjalankan usaha atau bisnis adalah untuk memenangkan
persaingan. Oleh karma itu, setiap perusahaan memiliki strategi tersendiri
untuk mematikan lawannya. Semakin ketat persaingan, maka semakin canggih
strategi yang dijalankan. Strategi untuk mematikan atau memperlemah lawan
selalu dilakukan. Siapa yang lengah akan terkena dampaknya. Bukan tidak mungkin
setiap strategi yang dijalankan memiliki kemiripan. Oleh karena itu, perusahaan
harus pandai memulai dan mengakhiri.
Berbagai
strategi dapat dijalankan oleh pesaing. Secara umum strategi-strategi tersebut
adalah sebagai berikut.
- Strategi menyerang pesaing yang lemah lebih dahulu,
- Pesaing langsung menyerang lawan yang
- Strategi gerilya
- Bertahan terhadap setiap serangan yang dilakukan lawan atau mengimbagi serangan yang dilakukan lawan.
D.
Analisis
Kekuatan dan Kelemahan Pesaing
Sama
seperti halnya dengan perang militer, serangan terhadap musuh dapat dilakukan
setelah kita mengetahui seberapa kekuatan amunisi kita dan kelemahan amunisi
lawan. Di samping itu, juga harus dilakukan pada waktu yang tepat. Demikian
pula halnya dalam dunia bisnis, sebelum melakukan serangan terhadap pesaing,
terlebih dahulu perusahaan harus mengetahui kelemahan dan kekuatan yang
dimiliki oleh pesaing. Kekuatan yang dimiliki pesaing harus dipertimbangkan
mengingat mereka dapat pula memanfaatkan kekuatan untuk melakukan serangan
balik. Sementara itu, mengetahui kelemahan pesaing memudahkan perusahaan untuk
melakukan serangan balik. Identifikasi kelemahan dan kekuatan dapat dilakukan
melalui tahaptahap sebagai berikut:
- mencari dan mengumpulkan data tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan sasaran, strategi, dan kinerja pesaing;
- mencari tahu kekuatan pesaing dalam hal keuangan, sumber daya manusia, teknologi, serta lobi di pasar;
- mengetahui market share yang dikuasai pesaing dan tindakan pesaing terhadap pelanggan;
- mencari tahu kelemahan pesaing dalam hal keuangan, sumber daya manusia, teknologi, serta lobi di pasar.
Kelengkapan
produk pesaing terdekat kita bandingkan dengan produk yang kita miliki, baik
dari segi jumlah maupun kelebihan produk itu sendiri. perusahaan yang memiliki
produk yang lengkap dan memiliki kelebihan tertentu akan lebih unggul
dibandingkan perusahaan kita, paling tidak untuk sementara waktu. Hal itu
memudahkan kita untuk menutupi kelemahan yang kita miliki.
pelayanan
yang diberikan kepada pelanggan sangat dipengaruhi oleh teknologi yang dimiliki
oleh sebuah perusahaan. Teknologi yang dimiliki tersebut menyebabkan pihak
pesaing menjadi unggul apabila kita tidak menyainginya. Teknologi akan
mempercepat proses transaksi yang diberikan. Di samping kecepatan, teknologi
juga memberikan keakuratan sehingga setiap kesalahan dapat diminimalkan. SDM
yang dimiliki pesaing pun perlu dipertimbangkan. SDM yang berkualitas akan
berpengaruh terhadap pelayanan yang diberikan karena ia akan dapat memberikan
kecepatan, ketepatan, dan keakuratan pelayanan. Namun, jika SDM yang dimiliki
tidak berkualitas, yang terjadi adalah sebaliknya.
E.
Identifikasi
Reaksi Pesaing
Setiap
tindakan atau serangan yang kita lakukan, baik secara langsung ataupun tidak
langsung akan menjadi perhatian pesaing. serangan yang kita lakukan akan
menimbulkan reaksi dari pesaing-pesaing kita. Tindakan pesaing terhadap
serangan yang kita lakukan ditanggapi secara beragam oleh pesaing, mulai
langsung membalas, diam, berusaha mempelajari terlebih dahulu, baru melakukan
serangan balasan. Perusahaan yang kuat biasanya langsung menyerang balik. Oleh
karena itu, kita juga harus mempertimbangkan reaksi pesaing terhadap tindakan
yang kita lakukan. jangan sampai serangan balik malah menjadi bumerang bagi
strategi kita. Sebagai contoh, beberapa reaksi pesaing terhadap serangan
Yang lakukan adalah sebagai
berikut.
- Apabila kita menurunkan harga, akan diikuti pesaing dengan menurunkan harga pula, bahkan mungkin lebih rendah dari pada yang kita lakukan.
- Apabila kita memberikan hadiah (berupa undian atau Langsung) akan dibalas pula dengan pemberian hadiah yang lebih baik.
- Apabila kita memberikan diskon dalam jumlah tertentu kepada pelanggan, pesaing juga memberikan diskon yang lebih menarik dengan nilai yang lebih tinggi pula.
- Apabila kita membebaskan biaya-biaya seperti biaya administrasi, sudah pasti akan diikuti pesaing dengan jumlah biaya yang lebih murah.
- Apabila kita membuka cabang di suatu lokasi, akan dibala, oleh pesaing dengan membuka cabang di lokasi perusahaan kita.
Oleh
karena itu, untuk melawan pesaing, kita perlu memprioritaskan mana yang akan
kita serang lebih dahulu dan mana yang berikutnya. penyerangan hendaknya
dilakukan secara hati-hati, baik itu serangan secara langsung, bertubi-tubi,
ataupun secara bergerilya. Penyerangan langsung mungkin dilakukan terhadap
pesaing yang lemah.
Kita
juga harus pandai melakukan penyerangan untuk menghindari pesaing yang kita
anggap kuat sementara waktu. Seperti yang dijelaskan scbelumnya, pesaing yang
kuat akan segera membalas jika diserang. Oleh karena itu, kita harus mengukur
kekuatan kita sebelum melakukan penyerangan serta mengukur kekuatan dan kelemahan
yang dimiliki oleh pesaing.
F.
Strategi
Menghadapi Pesaing
Strategi
menghadapi pesaing dapat dilakukan dengan cara melemahkan dan menghancurkan
pesaing dengan ineniasang strategi yang kompetitif. Strategi kompetitif
dilakukan dengan melihat posisi keberadaan kita, sebelum melakukan penyerangan.
Posisi ini akan menetukan model serangan yang akan kita lakukan. Posisi kita
dibandingkan dengan pesaing dapat diukur dari kemampuan keuangan, teknologi,
dan sumber daya manusia yang kita miliki.
Strategi
untuk menghadapi pesaing dapat dilakukan untuk posisi-posisi sebagai berikut.
1.
Strategi Pemimpin Pasar (Market Leader)
2.
Strategi Penantang Pasar (Market Challenger)
3.
Strategi Pengikut Pasar (Market Follower)
4.
Strategi Relung Pasar (Market Nicker)
Untuk menghadapi
pesaing yang semakin kompetitif, perusahaan perlu melakukan berbagai serangan
ke arah pesaing dari segala penjuru atau dari bagian-bagian tertentu, seperti
kelemahan pesaing. Tujuannya adalah menghambat gerak maju pesaing atau bahkan
mematikan satu per satu pesaing yang ada sekaligus atau perlahan-lahan. Di
samping itu, serangan digunakan untuk mempersulit pesaing barn untuk masuk ke
industri yang sama. Strategi penyerangan yang dapat dilakukan terhadap pesaing
terdiri dari lima cara berikut.
1.
Serangan Frontal (Frontal Attack)
2.
Serangan Samping (Flanking Attack)
3.
Serangan Melambung (Bypass Attack)
4.
Serangan Gerilya (Guerilla Attack)
DAFTAR PUSTAKA
·
Kasmir Kewirausahaan
Edisi 1. pnerbit: Jakarta PT RajaGrafindo Persada, 2006.
·
Kasmir dan Jafar. Studi kelayakan Bisnis. Edisi ke dua. Jakarta: Persada Media, 2004.
·
Manajemen
perbankan Service. Edisi ke dua. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada,
2005.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Analisis Pesaing
Ditulis oleh Bagio
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gioakram13.blogspot.com/2013/04/analisis-pesaing.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Bagio
Rating Blog 5 dari 5
3 komentar:
Bismillah,Permisi Sobat kami ini ingin berbagi tentang pengalaman Kisah Nyata Yang kami Rasakan saat ini,apakah anda selalu kalah dalam bermain togel,MBAH-JENGRONG solusi nya,karna beliaulah yang Benar2 telah membantu kami mengalahkan bandar Togel Singapura Maupun Hongkong,saya hancur gara2 togel rumah udah ke jual,utang banyak di tetangga maupun di bank,tapi akhirnya MBAH-JENGRONG memberikan kami angka yang sangat akurat dari hasil ritualnya kami mengalahkan bandar 369 juta,Dan MBAH-JENGRONG Bisa Membantu Semua masalah anda, Mulai Dari Penarikan Dana Ghoib,Penggandaan Uang,Uang Kembali,Dana Hibah,Jual Jin,Tuyul,Pesugihan Putih Tanpa Tumbal,Pesugihan Instan Dan Santet Lawan Bisnis Dll,Kawan sampaikan saja masalah yang menyelimuti anda Mintalah solusi kpd Beliau Ya itu MBAH-JENGRONG,karna kami sudah membuktikannya Amin. kalau kawan2 semua minat seperti kami tlp MBAH-JENGRONG di no 082337080001 atau klik http://mbah-jengrong.blogspot.com/ terima kasih Salam Hormat Kami Sekeluarga,Wassalam
mantap atikelnya
Solusi antrian dengan mesin antrian komputer dan android menggunakan tombol dan touchscreen seperti di BANK, PUSKESMAS, RUMAH SAKIT, PELAYANAN PAJAK,TOKO,dan lain" dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau
mesinantrian.net
klik> mesin antrian
Klik> mesin antrian bank
Klik> mesin antrian android
Klik> mesin antrian puskesmas
Klik> mesin antrian jakarta
Klik> mesin antrian touchscreen
Klik> mesin antrian pajak
Bisa membntu dlm proses pencrian mapell yg di suruh kpda ib gruu trima lsih gooogle😇
Posting Komentar