Posted by gio akram Kamis, 05 Februari 2015 3 komentar
http://gioakram13.blogspot.com/
XPS adalah format dokumen yang dikembangkan dengan teknologi XML atau lebih tepatnya XAML. XPS tu singkatan dari XML Paper Specification, yaitu sebuah format dokumen baru yang pada bulan Juni 2009 telah diakui dan resmi menjadi Open Standard. Yang artinya, XPS menjadi standar umum dan diakui secara internasional, sehingga akan dapat digunakan oleh banyak pengembang aplikasi komputer dan juga pengguna-nya.

Anda tidak perlu membeli aplikasi khusus untuk dapat bekerja dengan XPS. Apabila Anda sudah memiliki aplikasi-aplikasi berikut, maka Anda sudah dapat bekerja dengan XPS:
- Microsoft Windows XP (yang sudah dilengkapi dengan Microsoft .NET Framework 3.0),
- Microsoft Windows Vista (Home Basic, Home Premium, Business, Ultimate Edition), dan
- Microsoft Office System 2007 
Dengan menggunakan menu PRINT pada aplikasi web browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, dll), atau aplikasi lainnya serta menu SAVE AS pada Microsoft Office System 2007, Anda sudah bisa membuat sebuah dokumen dalam format XPS.
Microsoft XPS Document Writer yang terdapat pada sistem operasi Windows yang sudah saya sebut diatas menawarkan beberapa kemampuan yang dapat Anda gunakan terhadap dokumen XPS yang Anda buat, yaitu:
Permissions: Layaknya aplikasi Adobe Professional, Anda dapat dengan cuma-cuma memberikan ijin dan memilih siapa yang dapat melakukan perubahan dan menyimak dokumen XPS yang sudah Anda buat.
 
Signatures: Anda juga dapat menerapkan mekanisme Digitally Signature (Tanda Tangan Digital) pada dokumen yang sudah Anda buat.
 
Outline: Apabila dokumen XPS yang Anda buat memiliki resensi/outline maka penerima dokumen XPS dapat memilih untuk menyimak resensi dokumen XPS Anda saja.

Tapi, ada permasalahan adalah ketika membuka XPS Dokumen jika default browser anda bukanlah Internet Explorer karena browser lain seperti Firefox, Chrome, Safari ataupun Opera belum mendukung format XPS. Untuk informasi kalau XPS Viewer punya Microsoft dihosting oleh Internet Explorer, dan supaya anda bisa membuka XPS Dokumen IE harus menjadi default browser anda.

Maf ya terlalu bertele-tele...lansung saja buka file xpsnya lau CTR+P pilih TinyPDF ok pada select print lht sndri hslnya......!!!!!!!! semoga membantu


Sumber : http://mugi.or.id
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Convert file XPS Ke PDF Offline
Ditulis oleh gio akram
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://gioakram13.blogspot.com/2015/02/cara-convert-file-xps-ke-pdf-offline.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

3 komentar:

karimun jawa mengatakan...

saya tetep gagal buka .xps ini gmn ya solusinya

Ratiharum astuti mengatakan...

mohon share tips mas, bgmn cara mengubah format xps ke pdf? saat ini yg mendukung untuk buka file xps adalh MS System 2007

gio akram mengatakan...

@Ratiharum astuti: kayaknya 2010 juga bisa mba barusan sya nyoba membuat file xps di MS wrds 2010
dan di konver ke PDF...caranya buka ms wordsnya save as pastikan Save as typenya XPS Document lalu OK. sekarang tinggal konver ke PDF buka file XPS Ducumentnya tekan CTR-P dsan akan muncul halam print pastikan pada select printer Foxit Reader PDF Printer enter/ok maka muncul halamn print to PDF Document tulislah nama dukumennya pastikan save as type PDF File....selesai

Posting Komentar